Minggu, 02 Maret 2014

Karya Tulis Ilmiah


PEMERINTAHAN KABUPATEN NGANJUK
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAERAH
UPTD SMK NEGERI 1 BAGOR
Desa Gandu – Kec. Bagor, Kab.Nganjuk 64461 Telp (0358) 322554

LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI SARANA INFORMASI COMPUTER
( SIC )
NGANJUK











Di susun Oleh :

Nama         : Surya Febrianto
Kelas : XII TKJ 3
NIS   : 1583/498.071


TAHUN AJARAN 2012/2013

HALAMAN PENGESAHAN



LAPORAN INI DIBUAT SEBAGAI TUGAS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNTUK MENGIKUTI UJIAN NASIONAL TAHUN AJARAN 2012/2013.


Bagor,    Februari 2013

Di Setujui :
    Pembimbing,                                                                                     Penulis,


Drs.YANTO SUWARSO, M.M.Pd                                                  SURYA FEBRIANTO
   NIP.19651105 199802 1 002                                                              NIS.1583/498.071



Mengetahui,


     Kepala                                                                        Ketua Program Study
UPTD SMK N 1 BAGOR                                                       Teknik Komputer Jaringan



HARNANI,S.Pd,M.MPd                                                      M. IMRON, S.Pd.M.Eng
NIP. 19581009 198203 2 001                                             NIP. 19691113 199412 1 005




MOTTO

·        Jangan mengeluh masalahmu. Jika kamu merasa bebanmu lebih berat daripada yg lain, itu karena tuhan melihatmu lebih kuat daripada yang lain.
·        Tuhan takkan pernah membiarkan dirimu terluka, dia hanya ingin kamu belajar dari segala masalah. Percayalah padanya.
·        Mencari siapa yang salah takkan selesaikan masalah. Berdiskusi dan kerja sama, maka kamu dan dia mampu selesaikan segalanya.
·        Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan terbaik. Marah tidak menyelesaikan masalah, dan mengalah bukan berarti kalah.
·        Jangan berpikir kamu jatuh karena masalah yg diberikan tuhan, karena sebenarnya tuhan hanya menginginkanmu belajar berdiri.
·        Amarah adalah cara termudah membuat masalah. Bersabar adalah salah satu cara agar terhindar dari masalah.
·        Selalu ada perbedaan dalam sebuah hubungan yang kadang menyebabkan masalah, tetapi juga perbedaan itu dapat menguatkan.
·        Kamu bebas memilih sikap dalam setiap masalah yang datang. Apapun pilihanmu, tetaplah menjadi dirimu sendiri.
·        Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuan kamu.




HALAMAN PERSEMBAHAN

Laporan ini saya persembahkan kepada :
1.      Orang tua yang selalu menyayangi, mencintai, serta membimbing saya secara moriil dan materiil.
2.      Ibu Harnani S.Pd,M.MPd selaku Kepala UPTD SMK NEGERI 1 Bagor yang telah memberi izin untuk melaksanakan Prakerin di SIC Nganjuk.
3.      Bapak Yanto Suwarso M.MPd selaku Pembimbing dalam pembuatan karya tulis ini.
4.      Bapak dan Ibu Guru UPTD SMK NEGERI 1 Bagor yang telah memberi materi pelajaran.
5.      Bapak Ida Mahmud selaku Pimpinan SIC Nganjuk yang telah membimbing saya.
6.      Mas Agus Tri Maryono selaku Karyawan SIC Nganjuk yang telah membimbing saya.
7.      seluruh teman XII TKJ 3.




KATA PENGANTAR


Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Karena limpahan rahmat serta hidayah-nya, saya dapat menyelesaikan penyusunan tugas karya tulis ilmiah tentang kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tepat pada waktunya. Laporan ini saya buat berdasarkan penglaman Prakerin saya di Sarana Informasi Computer (SIC) Nganjuk.
Selanjutnya saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyusun karya tulis ini. Tanpa bantuan dari orang lain tidak mungkin saya dapat menyusun laporan prakerin ini.
Saya ucapkan terima kasih kepada :
1.      Kepala UPTD SMK NEGERI 1 Bagor yang telah memberi izin untuk melaksanakan prakerin di SIC Nganjuk.
2.      Pembimbing dalam pembuatan karya tulis ini.
3.      Bapak dan Ibu guru UPTD SMK NEGERI 1 Bagor yang telah memberi materi pelajaran.
4.      Pimpinan SIC Nganjuk yang telah membimbing saya.
5.      Karyawan SIC Nganjuk yang telah membimbing saya.
6.      Orang tua yang yang membantu saya baik secara moriil maupun materiil
7.      Seluruh teman XII TKJ 3.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini di laksanakan selama 4 Bulan di “Sarana Informasi Computer” yang di mulai tanggal 1 Maret s/d 30 Juni 2012.
Ada berapa kegiatan selama melakukan PRAKERIN yaitu
1.      Membersihkan tempat PRAKERIN.
2.      Melayani pembeli dan pelanggan.
3.      Merawat barang yang di jual (merawat komponen computer, laptop, printer dan barang yang di jual lainnya).
4.      Service computer, laptop dan printer (merakit, menginstal, merawat komponen cpu).
Semoga karya tulis ilmiah ini bermanfaat bagi para pembaca dan untuk mengetahui bagaimana prakerin itu. Laporan ini masih jauh dari sempurna. Dengan kerendahan hati, saya harap pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.




 DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
HALAMAN PENGESAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
MOTTO . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
HALAMAN PERSEMBAHAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB I. PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
A.     Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B.     Rumusan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C.     Tujuan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D.     Metode . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E.      Batasan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A.     Pengertian Prakerin . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B.     Tempat Prakerin . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C.     Manfaat Dan Tujuan Prakerin . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D.     Visi Dan Misi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E.      Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB III. PEMBAHASAN
A.     Persiapan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B.     Pemberangkatan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
C.     Pelaksanaan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D.     Solusi / Pemecahan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E.      Hambatan /  Kendala  Selama Prakerin. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
F.      Hasil Yang Di Capai. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB IV. PENUTUP
A.     Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B.     Saran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .




BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Prakerin merupakan kegitan yang di laksanakan semua siswa SMK. Hal ini di tujukan supaya siswa dapat menerapkan ilmu secara langsung yang telah di peroleh di sekolah pada dunia usaha sesuai bidangnya masing-masing.
Prakerin juga memperluas pengetahuan tentang dunia usaha, menambah pengalaman serta bagaimana cara menjalankan usaha agar sukses.
Program keahlian smk jurusan teknik komputer jaringan menjadi peluang saya untuk mengembangkan bakat, minat, keterampilan dan kemapuan. Diharapkan setelah lulus agar bisa menjadi tenaga kerja yang profesional dan handal di bidang komputer dan jaringannya.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan judul di atas rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.    Apa sebenarnya PRAKERIN ?
2.    Apakah manfaat dan tujuan PRAKERIN bagi siswa-siswi SMK bagi kelas XII TKJ 3 ?
3.    Bagaimana PRAKERIN itu ?
4.    Kenapa siswa SMK harus melaksanakan PRAKERIN?
5.    Nilai-nilai apa saja yang di dapat siswa-siswi XI TKJ3 SMKN 1 Bagor selama Prakerin di SIC COMPUTER ?
6.    Apakah hambatan/kendala selama Prakerin di SIC COMPUTER bagi siswa-siswi XII TKJ3 SMKN 1 Bagor ?

C.       Tujuan Masalah
Berdasarkan judul di atas tujuan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.    Untuk memberitahukan tentang PRAKERIN menurut banyak sumber.
2.    Untuk mengetahui manfaat dan tujuan PRAKERIN bagi siswa-siswi SMK.
3.    Untuk menjelaskan bagaimana PRAKERIN itu.
4.    Untuk mengetahui manfaat prakerin di SIC Nganjuk bagi siswa XI TKJ 3 SMK N 1 Bagor.
5.    Untuk mengetahui nilai-nilai yang di dapatkan selama prakerin di SIC Nganjuk bagi siswa-siswi XI TKJ 3 SMK N 1 Bagor.
6.    Untuk mengetahui hambatan/kendala selama Prakerin di SIC Nganjuk  bagi  siswa-siswi XI TKJ 3 SMK N 1 Bagor.

D.      Metodologi
Pembuatan karya tulis ini di susun berdasarkan PRAKERIN secara langsung sebagai upaya ilmu yang di dapat di sekolah dan di terapkan di dunia usaha.

E.        Batasan Masalah
Karya tulis ini hanya dibatasi pada kegiatan Prakerin di “SIC Nganjuk” pada tanggal 1 Maret s/d 30 Juni 2012.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.     Pengertian
1.      Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
·                 Menurut Kurikulum SMK (Dikmenjur, 2008)
Prakerin adalah pola penyelenggaraan diklat yang di kelola bersama-sama antara SMK dengan industri/asosiasi profesi sebagai institusi pasangan (IP), mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dan sertifikasi yang merupakan satu kesatuan program dengan menggunakan berbagai bentuk alternatif  pelaksanaan ,Seperti Day Release, Block Release.
·        Menurut Jurnal Program Prakerin (1999: 1)
Prakerin adalah suatu komponen praktek keahlian profesi, berupa kegiatan secara terprogram dalam situasi sebenarnya untuk mencapai tingkat keahlian dan sikap kerja profesional yang di lakukan di industri. Pembelajaran di dunia kerja (industri) tersebut merupakan bagian integral dari program diklat secara menyeluruh, karena itu materi yang dipelajari dan kompetensi yang di latihkan harus jelas kaitannya dengan profil kompetensi tamatan yang telah di tetapkan. Program diklat di susun dan di laksanakan bersama secara bertanggungjawab antara sekolah dan industri, serta di dukung oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) mewakili industri dan tokoh masyarakat yang mewakili masyarakat umum.
·                 Menurut Undang-Undang Prakerin Dikmendikti, (2003)
Praktek kerja industri (prakerin) adalah program wajib yang harus di selenggarakan oleh sekolah khususnya sekolah menengah kejuruan dan pendidikan luar sekolah serta wajib di ikuti oleh siswa/warga belajar. Penyelenggaraan praktek kerja industri akan membantu peserta didik untuk memantapkan hasil belajar yang di peroleh di sekolah serta membekali siswa dengan pengalaman nyata sesuai dengan program studi yang di pilihnya.
·               Menurut www.tkjclub.net
            PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya.
·        Menurut gwriza.blogspot.com
Prakerin adalah bagian dari pendidikan sistem ganda (PSG) pada SMK. Prakerin merupakan bagian dari program bersama antara SMK dan Industri yang di laksanakan di dunia usaha, industri.
Jadi Prakerin adalah penerapan ilmu yang telah di pelajari di sekolah yang di laksanakan di dunia usaha atau industri.
Prakerin sebagai bagian dari pendidikan sistem ganda pada SMK mempunyai peranan amat penting dalam menghasilkan tamatan yang berkualitas.
2. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)
SMK adalah sekolah yang memberikan kemampuan atau skill sesuai dengan jurusan yang mana SMK lebih bersifat praktik di bandingkan teori. Hal ini bertujuan untuk membentuk skill dari siswa sehingga siswa mampu, terampil dan di terima di dunia kerja setelah lulus dari SMK. Kemampuan atau skill yang mungkin tidak di dapatkan oleh siswa SMA. Skill di dapatkan sesuai dengan jurusan yang di pilih saat pertama kali masuk di dunia SMK.Untuk saya sendiri, saya memilih jurusan di SMKN 1 Bagor yang memiliki program keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Disini siswa di harapkan setelah lulus dari SMK dapat merakit sebuah komputer dan menguasai tentang server, sehingga dapat menjadi sistem administrator pada suatu perusahaan.
·        Menurut Evans & Edwin (1978:24)
Pendidikan kejuruan merupakan bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkanindividu pada suatu pekerjaan atau kelompok pekerjaan.
·                 Menurut  Harris dalam Slamet (1990:2),
Pendidikan kejuruan adalah pendidikan untuk suatu pekerjaan atau beberapa jenis pekerjaan yang di sukai individu untuk kebutuhan sosialnya.
·        Menurut House Committee on Education and Labour (HCEL) dalam (Oemar H. Malik, 1990:94)
Pendidikan kejuruan adalah suatu bentuk pengembangan bakat, pendidikan dasar keterampilan, dankebiasaan-kebiasaan yang mengarah pada dunia kerja yang di pandang sebagai latihan keterampilan.
·        Menurut ramones-bligo.blogspot.com
SMK adalah sekolah yang mengajarkan tentang berbagai pelajaran di antaranya pelajaran Normatif , Adaptif , dan Produktif. Di dalam SMK ada berbagai macam jurusan yaitu : Otomotif , Pemesinan , Listrik , Pendingin dan Tata Udara , Audio Video , Gambar Bangunan , Konstruksi Kayu dan lain-lain.

3.      TKJ ( Teknik Komputer Jaringan)
TKJ merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang cara merakit komputer, menginstal sistem operasi dan aplikasi-aplikasi komputer lainnya. Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK.
·        Menurut http:/materitekaje.blogspot.com
TKJ adalah program keahlian yang bertujuan membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merakit, menginstall program, merawat dan memperbaiki komputer serta jaringannya.
·        Miftah firdaus
TKJ  (TeknikKomputer danJaringan) adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi SO (Sistem Operasi), menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya, membuat WEB, dan masih banyak lagi.

B.     Tempat Prakerin
Tempat Prakerin kami terletak di jl.Imam Bonjol.no 10. Nama tempatnya yaitu “SIC Nganjuk”.

C.     Manfaat Dan Tujuan Prakerin
·        Tujuan Prakerin adalah :
1.      Mengimplementasikan materi yang selama ini di dapatkan di sekolah.
2.      Membentuk pola pikir yang konstruktif  pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN.
3.      Melatih siswa untuk berkomunikasi/ berinteraksi secara profesional didunia kerja yang sebenarnya.
4.      Membentuk etos kerja yang baik bagi siswa-siswi PRAKERIN.
5.      Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang di miliki oleh siswa-siswi PRAKERIN sesuai bidang masing-masing.
6.      Menambah jenis keterampilan yang di miliki oleh siswa agar dapat di kembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri maupun dunia usaha.
·        Manfaat Prakerin
1.      Menumbuhkan sikap kerja yang tinggi bagi setiap peserta praktik kerja industri.
2.      Siswa mendapatkan kompetensi yang tidak mereka dapatkan di sekolah.
3.      Siswa dapat memberikan kontribusi tenaga kerja Di DUDI mereka di tempatkan.
4.      Memberi motivasi dan meningkatkan etos kerja bagi siswa.
5.      Mempererat hubungan sekolah dengan institusi pasangan.
6.      Memungkinkan untuk industri memberikan bantuan kepada sekolah, magang guru, Bantuan praktik, dan sebagainya.
7.      Sebagai promosi tamatan SMK.

D.    Visi Dan Misi
·        Visi
Terwujudnya sekolah sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang unggul dan berkualitas internasional serta mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dilandasi iman dan taqwa.
·        Misi
Menghasilkan tamatan yang cerdas spiritual, sosial dan intelegensi untuk memenuhi tuntutan dunia usaha/dunia industri ataupun bekerja mandiri dalam era globalisasi dengan indikator penguasaan kompetensi di bidang:
1.      Iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa.
2. Ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Bahasa internasional / asing.
4. Lingkungan hidup.
5. Seni dan budaya bangsa.
6. Pendidikan jasmani.
7. Kewirausahaan.
8. Kedisiplinan
9. Kemampuan bekerja, baik mandiri/pada dunia usaha dan dunia industri.



E.     Kesimpulan
Dari beberapa pernyataan tersebut, maka prakerin di defenisikan sebagai penyelenggaraan pendidikan yang mengintegrasikan kegiatan pendidikan (teori) di sekolah dengan kegiatan pendidikan (praktek) di dunia industri. Dengan kata lain bahwa praktek kerja industri adalah suatu strategi dimana setiap siswa mengalamiproses belajar melalui bekerja langsung (learning by doing) pada pekerjaan yang sesungguhnya. Dengan praktek kerja industri ini peserta didik memperoleh pengalaman dengan bahan kerja serta membiasakan diri dengan perkembangan - perkembangan baru.




BAB III
PEMBAHASAN

Dalam pembahasan ini, penulis akan menyampaikan semua kegiatan yang berhubungan dengan Prakerin, baik sebelum pemberangkatan, pelaksanaan maupun terselesaikannya Prakerin. Oleh sebab itu dalam pembahasan ini akan dijelaskan dengan beberapa tahap.

A.       Persiapan
Prakerin yang saya lakukan di “SIC” Nganjuk di mulai pada tanggal 1 Maret s/d 31 Juni 2012.
Sebelum berangkat saya mendapat pengarahan dari pihak sekolah, pengarahan tersebut antara lain :
1.    Pengarahan dari Kepala Sekolah.
2.    Pengarahan dari Ketua Program Studi TKJ.
3.    Pengarahan dari Wakasek / Kurikulum.

B.       Pemberangkatan
Saya berangkat prakerin pada tanggal 1 Maret 2012 di antar oleh Bapak Ibu guru Produktif. Saya tiba di tempat Prakerin  Pukul 07.00. Pukul 08.00 saya langsung masuk Prakerin.

C.       Pelaksanaan
1.    Orientasi
Pada tanggal 1 Maret 2012 saya dan teman saya mulai masuk prakerin di “SIC” Nganjuk. Pertama saya masuk tapi masih di asingkan/dicuekan, tetapi lama-lama Pimpinan dan Karyawannya serta anak prakerin lainnya menjadi akrab dan saling mengajari dan membimbing.
2.    Kerja
Awal masuk, saya di suruh bersih-bersih dan merapikan tempat. Ketika teman-teman saya yang dari SMK PGRI 1 Lengkong,SMK Jombang dan SMK PGRI 1 Nganjuk masih Prakerin bersama saya, kita di bagi menjadi 2 sift, sift pagi Jam 08.00 – 13.00, sedangkan sift sore Jam 13.00 – 17.00,tetapi setelah mereka semua selesai melakasanakan Prakerin, saya dan teman saya di beri jadwal masuk 1 sift, dari Jam 08.00-16.00.
Kita di sana di ajari menginstal, merakit,merawat barang dan komponennya computer, laptop dan printer, di ajari service computer, laptop dan printer dan juga cara berdagang / melayani pembeli.
3.    Selesai Kegiatan
Setelah 4 Bulan di tempat Prakerin, akhirnya kita harus kembali ke sekolah untuk mengikuti pelajaran seperti biasa. Kami di jemput oleh Bapak Ibu guru Produktif  lagi pada tanggal 31 Juni 2012 Jam 15.00. Kami berterimakasih pada pihak “SIC” Nganjuk karena telah menerima dan membimbing kami pada saat Prakerin.

D.    Hasil Yang Di Capai
Di dalam melaksanakan Prakerin selama 4 Bulan itu saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman, yaitu :
1.      Merakit dan menginstal computer dan aplikasinya serta cara merawatnya.
2.      Menginstal laptop dan aplikasinya.
3.      Cara berdagang dan melayani pembeli.
4.      Dapat pengalaman bekerja.

E.     Hambatan /  Kendala  Selama Prakerin
Setelah melaksanakan Prakerin dapat saya sebutkan kendala-kendala / hambatan sebagai berikut :
a.       Kurangnya koordinasi dari pihak sekolah  dan tempat Prakerin.
b.      Kurangnya perhatian pihak sekolah terhadap siswa yang Prakerin (jarang di jenguk).
c.       Berangkat dan pulang tidak didampingi Bapak/Ibu guru  pembimbing.
d.      Terbatasnya alat-alat di sekolah dalam praktek.

F.      Solusi / Pemecahan Masalah
a.       Seharusnya pihak sekolah menjalin kerja sama yang baik terhadap tempat Prakerin sehingga memudahkan dalam penempatan Prakerin.
b.      Pihak sekolah seharusnya meluangkan waktu untuk menjenguk siswa atau siswi yang Prakerin minimal dalam 2 bulan 2 – 3 kali.
c.       Seharusnya di sekolah disediakan fasilitas untuk mengantar dan menjemput siswa yang Prakerin secara resmi, bukannya berangkat dan pulang tanpa dipamitkan.
d.      Karena terbatasnya alat-alat di sekolah untuk itu diharapkan sekolah seger menyediakan alat-alat yang diperlukan agar siswa tidak bingung dalam praktek.
e.       Pihak sekolah seharusnya menyediakan cindera mata untuk diberikan kepada tempat Prakerin sebagai kenang-kenangan.
 



BAB IV
PENUTUP

A.       Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan karya ilmiah di atas, dapat saya simpulkan sebagai berikut :
1.      Melaksanakan prakerin sangat banyak memberikan pengalaman, pengetahuan dan  menambah pengetahuan kita di bidang industri/usaha.
2.      Melatih bermasyarakat dan bertanggung jawab.
3.      SMK memiliki peranan besar mencetak tenaga kerja siap pakai dalam dunia usaha.
4.      Sarana dan prasarana sekolah cukup memadai menyesuaikan dengan dunia usaha.
5.      Banyak mendapatkan pengalaman di bidang TKJ.
Kewajiban siswa ditempat PRAKERIN adalah :
A.     Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah di sepakati.
B.     Mematuhi setiap instruksi di tempat kerja.
C.     Melaksanakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).
D.     Menjaga nama baik lembaga pendidikan (almamater), dunia usaha dan dunia industri.
E.      Melakukan observasi dan penelitian yang mempunyai tujuan positif.
F.      Bertanya kepada pihak yang berkompeten apabila kurang paham/ di mengerti.
B.     Saran
¨        Internal
-         Pembelajaran di SMKN 1 Bagor sebaiknya ditingkatkan lagi agar tidak banyak jam yang kosong dan akibatnya siswa yang akan dirugikan.
-         Seharusnya laboratorium TKJ ditambah lagi supaya siswa-siswi SMKN1 Bagor keas X, XI, XII bisa belajar secara optomal di dalam laboratorium tanpa adanya pergantian waktu praktek dari kelas X, XI, XII.
-         Perlengkapan Prakerin di sekoah terutama di bidang Teknik Komputer Jaringan segera dilengkapi, agar memudahkan siswa daam Prakerin.
¨          Eksternal
-         Pada waktu pemberangkatan Prakerin  seharusnya siswa diantar dan waktu pulang seharusnya dijemput oleh pihak sekolah untuk dipamitkan.
-         Ketika lulus nanti saya berharap kepada UPTD SMKN 1 Bagor  untuk membantu mencarikan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kami agar setelah lulus nanti kita tidak akan menganggur.
-         Lebih memperhatikan siswa-siswinya saat di tempat prakerin/di sekolah.




DAFTAR PUSTAKA

Dikmenjur, 2008. Kurikulum SMK ­­­­____________:____________.
Jurnal Program Prakerin,1999: 1 __________:____________.
Dikmendikti, 2003. Undang-Undang Prakerin ___________:____________.
Arista,Dwi N.2011.Makalah Laporan Prakerin.Nganjuk_______:____________.
Kusuma Dewi, Widya, S.S. 2006. LKS Bahasa Indonesia. Jawa Tengah: CV. Viva Pakarindo.
Suwarso, Yanto Drs. Dkk. 2008. Terampil Berbahasa Indonesia. Nganjuk: Sekartaji.
_________________. 2011. Pengertian Hakikat SMK.______ : ___________. 
_________________. 2011. Pengertian Prakerin. Batam  ____:_________.
_________________. 2011. Pengertian  SMK. ____________ : ____________.
________________. 2011. Pengertian  TKJ. ______________ : ____________.
_________________. 2009. www.tkjclub.net. ____________ : ____________.
_________________. 2010. gwriza.blogspot.com. _________ : ____________.
_________________.2011.ramones-bligo.blogspot.com.____ :____________.
_________________.2012.http://kikisenyo.wordpress.com.___: ____________.
_________________.2011.http:/materitekaje.blogspot.com.___:____________.







3 komentar:

  1. Kok ya beruntung men mas :D aku adek kelase sampean
    plus mantan PSG SIC
    tugase podo mbe utusane pk yanto :D 12 tkj 1

    BalasHapus
  2. Online Casino Site ᐈ Best Casinos in the UK ᐈ Casino
    Try Newest Online Casinos with Free Spins & Exclusive Bonuses. Choose from hundreds of different casino sites 카지노사이트luckclub and enjoy a 100% welcome bonus to use.

    BalasHapus
  3. The Ultimate Guide to Slot Machines - DrmCD
    All the 양주 출장샵 popular 대전광역 출장마사지 casino slot machines in America 김해 출장마사지 are built to function like original Mega 청주 출장안마 Drive consoles. Slot machines are 의정부 출장샵 the most popular and most popular Mar 11, 2019 · Uploaded by Jackpot Party

    BalasHapus