UPTD SMK NEGERI 1 BAGOR
Desa Gandu – Kec. Bagor, Kab.Nganjuk 64461 Telp (0358)
322554
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI
DI SARANA
INFORMASI COMPUTER
( SIC )
Di susun Oleh :
Nama : Surya Febrianto
Kelas : XII TKJ 3
NIS : 1583/498.071
TAHUN
AJARAN 2012/2013
LAPORAN
INI DIBUAT SEBAGAI TUGAS BAHASA DAN
SASTRA INDONESIA UNTUK MENGIKUTI UJIAN NASIONAL TAHUN AJARAN 2012/2013.
Bagor, Februari 2013
Di
Setujui :
Pembimbing, Penulis,
Drs.YANTO SUWARSO, M.M.Pd SURYA FEBRIANTO
NIP.19651105 199802 1 002 NIS.1583/498.071
Mengetahui,
Kepala Ketua Program Study
UPTD
SMK N 1 BAGOR Teknik Komputer Jaringan
HARNANI,S.Pd,M.MPd M. IMRON, S.Pd.M.Eng
NIP.
19581009 198203 2 001 NIP. 19691113 199412 1 005
MOTTO
·
Jangan mengeluh masalahmu. Jika kamu merasa
bebanmu lebih berat daripada yg lain, itu karena tuhan melihatmu lebih kuat
daripada yang lain.
·
Tuhan takkan pernah membiarkan dirimu terluka,
dia hanya ingin kamu belajar dari segala masalah. Percayalah padanya.
·
Mencari siapa yang salah takkan selesaikan
masalah. Berdiskusi dan kerja sama, maka kamu dan dia mampu selesaikan
segalanya.
·
Ketika amarah memuncak, bersabar adalah pilihan
terbaik. Marah tidak menyelesaikan masalah, dan mengalah bukan berarti kalah.
·
Jangan berpikir kamu jatuh karena masalah yg
diberikan tuhan, karena sebenarnya tuhan hanya menginginkanmu belajar berdiri.
·
Amarah adalah cara termudah membuat masalah.
Bersabar adalah salah satu cara agar terhindar dari masalah.
·
Selalu ada perbedaan dalam sebuah hubungan yang
kadang menyebabkan masalah, tetapi juga perbedaan itu dapat menguatkan.
·
Kamu bebas memilih sikap dalam setiap masalah
yang datang. Apapun pilihanmu, tetaplah menjadi dirimu sendiri.
·
Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi
saat ini, percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuan kamu.
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Laporan
ini saya persembahkan kepada :
1.
Orang tua yang selalu menyayangi, mencintai,
serta membimbing saya secara moriil dan materiil.
2.
Ibu Harnani S.Pd,M.MPd selaku Kepala UPTD SMK
NEGERI 1 Bagor yang telah memberi izin untuk melaksanakan Prakerin di SIC
Nganjuk.
3.
Bapak Yanto Suwarso M.MPd selaku Pembimbing
dalam pembuatan karya tulis ini.
4.
Bapak dan Ibu Guru UPTD SMK NEGERI 1 Bagor yang
telah memberi materi pelajaran.
5.
Bapak Ida Mahmud selaku Pimpinan SIC Nganjuk
yang telah membimbing saya.
6.
Mas Agus Tri Maryono selaku Karyawan SIC Nganjuk
yang telah membimbing saya.
7.
seluruh teman XII TKJ 3.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa, Karena limpahan rahmat serta hidayah-nya, saya dapat menyelesaikan
penyusunan tugas karya tulis ilmiah tentang kegiatan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) tepat pada waktunya. Laporan ini saya buat berdasarkan penglaman
Prakerin saya di Sarana Informasi Computer (SIC) Nganjuk.
Selanjutnya saya sampaikan terima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu menyusun karya tulis ini. Tanpa bantuan dari
orang lain tidak mungkin saya dapat menyusun laporan prakerin ini.
Saya
ucapkan terima kasih kepada :
1.
Kepala UPTD SMK NEGERI 1 Bagor yang telah
memberi izin untuk melaksanakan prakerin di SIC Nganjuk.
2.
Pembimbing dalam pembuatan karya tulis ini.
3.
Bapak dan Ibu guru UPTD SMK NEGERI 1 Bagor yang
telah memberi materi pelajaran.
4.
Pimpinan SIC Nganjuk yang telah membimbing saya.
5.
Karyawan SIC Nganjuk yang telah membimbing saya.
6.
Orang tua yang yang membantu saya baik secara
moriil maupun materiil
7.
Seluruh teman XII TKJ 3.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini di
laksanakan selama 4 Bulan di “Sarana Informasi Computer” yang di mulai tanggal
1 Maret s/d 30 Juni 2012.
Ada berapa kegiatan selama melakukan PRAKERIN
yaitu
1.
Membersihkan tempat PRAKERIN.
2.
Melayani pembeli dan pelanggan.
3.
Merawat barang yang di jual (merawat komponen
computer, laptop, printer dan barang yang di jual lainnya).
4.
Service computer, laptop dan printer (merakit,
menginstal, merawat komponen cpu).
Semoga karya tulis ilmiah ini bermanfaat bagi
para pembaca dan untuk mengetahui bagaimana prakerin itu. Laporan ini masih
jauh dari sempurna. Dengan kerendahan hati, saya harap pembaca dapat memberikan
kritik dan saran yang bersifat membangun.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
HALAMAN PENGESAHAN . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
MOTTO . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
HALAMAN PERSEMBAHAN . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
KATA PENGANTAR . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
DAFTAR ISI . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB I. PENDAHULUAN . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
A.
Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B.
Rumusan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
C.
Tujuan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D.
Metode . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E.
Batasan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A.
Pengertian Prakerin . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
B.
Tempat Prakerin . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . .
C.
Manfaat Dan Tujuan Prakerin . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . .
D.
Visi Dan Misi . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E.
Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . .
BAB III. PEMBAHASAN
A.
Persiapan . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B.
Pemberangkatan . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
C.
Pelaksanaan . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
D.
Solusi / Pemecahan
Masalah .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
E.
Hambatan / Kendala
Selama Prakerin. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . .
F.
Hasil Yang Di Capai. . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB IV. PENUTUP
A.
Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . .
B.
Saran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Prakerin merupakan kegitan yang di laksanakan
semua siswa SMK. Hal ini di tujukan supaya siswa dapat menerapkan ilmu secara
langsung yang telah di peroleh di sekolah pada dunia usaha sesuai bidangnya
masing-masing.
Prakerin juga memperluas pengetahuan tentang
dunia usaha, menambah pengalaman serta bagaimana cara menjalankan usaha agar
sukses.
Program keahlian smk jurusan teknik komputer
jaringan menjadi peluang saya untuk mengembangkan bakat, minat, keterampilan
dan kemapuan. Diharapkan setelah lulus agar bisa menjadi tenaga kerja yang
profesional dan handal di bidang komputer dan jaringannya.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
judul di atas rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1. Apa
sebenarnya PRAKERIN ?
2. Apakah
manfaat dan tujuan PRAKERIN bagi siswa-siswi SMK bagi kelas XII TKJ 3 ?
3. Bagaimana
PRAKERIN itu ?
4. Kenapa
siswa SMK harus melaksanakan PRAKERIN?
5. Nilai-nilai apa saja yang di dapat siswa-siswi XI TKJ3 SMKN 1 Bagor selama Prakerin di SIC COMPUTER ?
6. Apakah
hambatan/kendala selama Prakerin di SIC
COMPUTER bagi siswa-siswi XII TKJ3 SMKN 1
Bagor ?
C.
Tujuan
Masalah
Berdasarkan
judul di atas tujuan masalahnya adalah sebagai berikut :
1. Untuk
memberitahukan tentang PRAKERIN menurut banyak sumber.
2. Untuk
mengetahui manfaat dan tujuan PRAKERIN bagi siswa-siswi SMK.
3. Untuk
menjelaskan bagaimana PRAKERIN itu.
4. Untuk
mengetahui manfaat prakerin di SIC Nganjuk bagi siswa XI TKJ 3 SMK N 1 Bagor.
5. Untuk mengetahui nilai-nilai yang di dapatkan selama prakerin di SIC Nganjuk bagi siswa-siswi XI TKJ 3 SMK N 1 Bagor.
6. Untuk
mengetahui hambatan/kendala selama Prakerin di SIC Nganjuk bagi siswa-siswi XI TKJ 3 SMK N 1 Bagor.
D.
Metodologi
Pembuatan karya tulis ini di susun berdasarkan
PRAKERIN secara langsung sebagai upaya ilmu yang di dapat di sekolah dan di
terapkan di dunia usaha.
E.
Batasan
Masalah
Karya tulis ini hanya dibatasi pada kegiatan Prakerin di
“SIC Nganjuk” pada tanggal 1 Maret s/d 30 Juni 2012.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A.
Pengertian
1.
Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN)
·
Menurut Kurikulum SMK
(Dikmenjur, 2008)
Prakerin adalah pola
penyelenggaraan diklat yang di kelola bersama-sama antara SMK dengan
industri/asosiasi profesi sebagai institusi pasangan (IP), mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dan sertifikasi yang merupakan satu
kesatuan program dengan menggunakan berbagai bentuk alternatif pelaksanaan ,Seperti Day Release, Block Release.
·
Menurut Jurnal
Program Prakerin (1999: 1)
Prakerin adalah suatu
komponen praktek keahlian profesi, berupa kegiatan secara terprogram dalam
situasi sebenarnya untuk mencapai tingkat keahlian dan sikap kerja profesional
yang di lakukan di industri. Pembelajaran di dunia kerja (industri) tersebut
merupakan bagian integral dari program diklat secara menyeluruh, karena itu
materi yang dipelajari dan kompetensi yang di latihkan harus jelas kaitannya
dengan profil kompetensi tamatan yang telah di tetapkan. Program diklat di
susun dan di laksanakan bersama secara bertanggungjawab antara sekolah dan
industri, serta di dukung oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) mewakili
industri dan tokoh masyarakat yang mewakili masyarakat umum.
·
Menurut Undang-Undang
Prakerin Dikmendikti, (2003)
Praktek kerja industri
(prakerin) adalah program wajib yang harus di selenggarakan oleh sekolah
khususnya sekolah menengah kejuruan dan pendidikan luar sekolah serta wajib di
ikuti oleh siswa/warga belajar. Penyelenggaraan praktek kerja industri akan
membantu peserta didik untuk memantapkan hasil belajar yang di peroleh di
sekolah serta membekali siswa dengan pengalaman nyata sesuai dengan program
studi yang di pilihnya.
PRAKERIN
(Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran
yang dilaksanakan didunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan dengan
kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya.
·
Menurut gwriza.blogspot.com
Prakerin adalah bagian dari
pendidikan sistem ganda (PSG) pada SMK. Prakerin merupakan bagian dari program
bersama antara SMK dan Industri yang di laksanakan di dunia usaha, industri.
Jadi Prakerin adalah penerapan
ilmu yang telah di pelajari di sekolah yang di laksanakan di dunia usaha atau
industri.
Prakerin sebagai bagian dari
pendidikan sistem ganda pada SMK mempunyai peranan amat penting dalam
menghasilkan tamatan yang berkualitas.
2. SMK
(Sekolah Menengah Kejuruan)
SMK
adalah sekolah yang memberikan kemampuan atau skill sesuai dengan jurusan yang mana
SMK lebih bersifat praktik di bandingkan teori. Hal ini bertujuan untuk
membentuk skill dari siswa sehingga siswa mampu, terampil dan di terima di
dunia kerja setelah lulus dari SMK. Kemampuan atau skill yang mungkin tidak di
dapatkan oleh siswa SMA. Skill di dapatkan sesuai dengan jurusan yang di pilih
saat pertama kali masuk di dunia SMK.Untuk saya sendiri, saya memilih jurusan
di SMKN 1 Bagor yang memiliki program keahlian TKJ (Teknik Komputer dan
Jaringan). Disini siswa di harapkan setelah lulus dari SMK dapat merakit sebuah
komputer dan menguasai tentang server, sehingga dapat menjadi sistem
administrator pada suatu perusahaan.
·
Menurut Evans & Edwin
(1978:24)
Pendidikan
kejuruan merupakan bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkanindividu pada
suatu pekerjaan atau kelompok pekerjaan.
·
Menurut Harris dalam Slamet (1990:2),
Pendidikan
kejuruan adalah pendidikan
untuk suatu pekerjaan atau beberapa jenis pekerjaan yang di
sukai individu untuk kebutuhan sosialnya.
·
Menurut House Committee on Education
and Labour (HCEL) dalam (Oemar H. Malik, 1990:94)
Pendidikan
kejuruan adalah suatu
bentuk pengembangan bakat, pendidikan dasar keterampilan,
dankebiasaan-kebiasaan yang mengarah pada dunia kerja yang di pandang
sebagai latihan keterampilan.
·
Menurut ramones-bligo.blogspot.com
SMK adalah sekolah yang mengajarkan tentang
berbagai pelajaran di antaranya pelajaran Normatif , Adaptif , dan Produktif.
Di dalam SMK ada berbagai macam jurusan yaitu : Otomotif , Pemesinan , Listrik
, Pendingin dan Tata Udara , Audio Video , Gambar Bangunan , Konstruksi Kayu
dan lain-lain.
3.
TKJ ( Teknik Komputer Jaringan)
TKJ merupakan sebuah jurusan yang mempelajari tentang
cara merakit komputer, menginstal sistem operasi dan aplikasi-aplikasi komputer
lainnya. Kejurusan ini hanya ada di STM/SMK.
·
Menurut http:/materitekaje.blogspot.com
TKJ
adalah program keahlian yang bertujuan membekali peserta didik dengan
keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merakit, menginstall
program, merawat dan memperbaiki komputer serta jaringannya.
·
Miftah firdaus
TKJ (TeknikKomputer danJaringan) adalah suatu
jurusan yang terdapat di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer
dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi SO (Sistem Operasi), menangani
masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya,
membuat WEB, dan masih banyak lagi.
B.
Tempat
Prakerin
Tempat
Prakerin kami terletak di jl.Imam Bonjol.no
10. Nama tempatnya yaitu “SIC Nganjuk”.
C. Manfaat Dan Tujuan Prakerin
·
Tujuan Prakerin adalah :
1.
Mengimplementasikan materi yang selama ini di
dapatkan di sekolah.
2.
Membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa-siswi PRAKERIN.
3.
Melatih siswa untuk berkomunikasi/ berinteraksi
secara profesional didunia kerja yang sebenarnya.
4.
Membentuk etos kerja yang baik bagi siswa-siswi
PRAKERIN.
5.
Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan
dasar yang di miliki oleh siswa-siswi PRAKERIN sesuai bidang masing-masing.
6.
Menambah jenis keterampilan yang di miliki oleh
siswa agar dapat di kembangkan dan di implementasikan dalam kehidupan
sehari-hari.
7.
Menjalin kerjasama yang baik antara sekolah
dengan dunia industri maupun dunia usaha.
·
Manfaat Prakerin
1.
Menumbuhkan sikap kerja yang tinggi bagi setiap
peserta praktik kerja industri.
2.
Siswa mendapatkan kompetensi yang tidak mereka
dapatkan di sekolah.
3.
Siswa dapat memberikan kontribusi tenaga kerja
Di DUDI mereka di tempatkan.
4.
Memberi motivasi dan meningkatkan etos kerja
bagi siswa.
5.
Mempererat hubungan sekolah dengan institusi
pasangan.
6.
Memungkinkan untuk industri memberikan bantuan
kepada sekolah, magang guru, Bantuan praktik, dan sebagainya.
7.
Sebagai promosi tamatan SMK.
D. Visi Dan Misi
·
Visi
Terwujudnya sekolah sebagai lembaga pendidikan
kejuruan yang unggul dan berkualitas internasional serta mampu memanfaatkan
ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dilandasi iman dan taqwa.
·
Misi
Menghasilkan tamatan yang cerdas spiritual,
sosial dan intelegensi untuk memenuhi tuntutan dunia usaha/dunia industri
ataupun bekerja mandiri dalam era globalisasi dengan indikator penguasaan
kompetensi di bidang:
1.
Iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa.
2. Ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Bahasa internasional / asing.
4. Lingkungan hidup.
5. Seni dan budaya bangsa.
6. Pendidikan jasmani.
7. Kewirausahaan.
8. Kedisiplinan
9. Kemampuan bekerja, baik mandiri/pada dunia usaha dan dunia industri.
2. Ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Bahasa internasional / asing.
4. Lingkungan hidup.
5. Seni dan budaya bangsa.
6. Pendidikan jasmani.
7. Kewirausahaan.
8. Kedisiplinan
9. Kemampuan bekerja, baik mandiri/pada dunia usaha dan dunia industri.
E.
Kesimpulan
Dari beberapa pernyataan
tersebut, maka prakerin di defenisikan sebagai penyelenggaraan pendidikan yang
mengintegrasikan kegiatan pendidikan (teori) di sekolah dengan kegiatan
pendidikan (praktek) di dunia industri. Dengan kata lain bahwa praktek kerja
industri adalah suatu strategi dimana setiap siswa mengalamiproses belajar
melalui bekerja langsung (learning by doing) pada pekerjaan yang sesungguhnya.
Dengan praktek kerja industri ini peserta didik memperoleh pengalaman dengan bahan
kerja serta membiasakan diri dengan perkembangan - perkembangan baru.
BAB
III
PEMBAHASAN
Dalam pembahasan ini, penulis akan menyampaikan semua
kegiatan yang berhubungan dengan Prakerin, baik sebelum pemberangkatan,
pelaksanaan maupun terselesaikannya Prakerin. Oleh sebab itu dalam pembahasan
ini akan dijelaskan dengan beberapa tahap.
A.
Persiapan
Prakerin yang saya lakukan di “SIC” Nganjuk di
mulai pada tanggal 1 Maret s/d 31 Juni 2012.
Sebelum berangkat saya mendapat pengarahan dari
pihak sekolah, pengarahan tersebut antara lain :
1. Pengarahan
dari Kepala Sekolah.
2. Pengarahan
dari Ketua Program Studi TKJ.
3. Pengarahan
dari Wakasek / Kurikulum.
B.
Pemberangkatan
Saya berangkat prakerin pada tanggal 1 Maret
2012 di antar oleh Bapak Ibu guru Produktif. Saya tiba di tempat Prakerin Pukul 07.00. Pukul 08.00 saya langsung masuk
Prakerin.
C.
Pelaksanaan
1. Orientasi
Pada
tanggal 1 Maret 2012 saya dan teman saya mulai masuk prakerin di “SIC” Nganjuk.
Pertama saya masuk tapi masih di asingkan/dicuekan, tetapi lama-lama Pimpinan
dan Karyawannya serta anak prakerin lainnya menjadi akrab dan saling mengajari
dan membimbing.
2. Kerja
Awal
masuk, saya di suruh bersih-bersih dan merapikan tempat. Ketika teman-teman
saya yang dari SMK PGRI 1 Lengkong,SMK Jombang dan SMK PGRI 1 Nganjuk masih
Prakerin bersama saya, kita di bagi menjadi 2 sift, sift pagi Jam 08.00 –
13.00, sedangkan sift sore Jam 13.00 – 17.00,tetapi setelah mereka semua
selesai melakasanakan Prakerin, saya dan teman saya di beri jadwal masuk 1
sift, dari Jam 08.00-16.00.
Kita
di sana di ajari menginstal, merakit,merawat barang dan komponennya computer,
laptop dan printer, di ajari service computer, laptop dan printer dan juga cara
berdagang / melayani pembeli.
3. Selesai
Kegiatan
Setelah
4 Bulan di tempat Prakerin, akhirnya kita harus kembali ke sekolah untuk
mengikuti pelajaran seperti biasa. Kami di jemput oleh Bapak Ibu guru
Produktif lagi pada tanggal 31 Juni 2012
Jam 15.00. Kami berterimakasih pada pihak “SIC” Nganjuk karena telah menerima
dan membimbing kami pada saat Prakerin.
D. Hasil Yang Di Capai
Di
dalam melaksanakan Prakerin selama 4 Bulan itu saya mendapatkan banyak ilmu dan
pengalaman, yaitu :
1.
Merakit dan menginstal computer dan aplikasinya
serta cara merawatnya.
2.
Menginstal laptop dan aplikasinya.
3.
Cara berdagang dan melayani pembeli.
4.
Dapat pengalaman bekerja.
E.
Hambatan /
Kendala Selama Prakerin
Setelah
melaksanakan Prakerin dapat saya sebutkan kendala-kendala / hambatan sebagai
berikut :
a.
Kurangnya koordinasi dari pihak sekolah dan tempat Prakerin.
b.
Kurangnya perhatian pihak sekolah terhadap siswa
yang Prakerin (jarang di jenguk).
c.
Berangkat dan pulang tidak didampingi Bapak/Ibu
guru pembimbing.
d.
Terbatasnya alat-alat di sekolah dalam praktek.
F.
Solusi / Pemecahan Masalah
a. Seharusnya
pihak sekolah menjalin kerja sama yang baik terhadap tempat Prakerin sehingga
memudahkan dalam penempatan Prakerin.
b. Pihak
sekolah seharusnya meluangkan waktu untuk menjenguk siswa atau siswi yang
Prakerin minimal dalam 2 bulan 2 – 3 kali.
c. Seharusnya
di sekolah disediakan fasilitas untuk mengantar dan menjemput siswa yang
Prakerin secara resmi, bukannya berangkat dan pulang tanpa dipamitkan.
d. Karena
terbatasnya alat-alat di sekolah untuk itu diharapkan sekolah seger menyediakan
alat-alat yang diperlukan agar siswa tidak bingung dalam praktek.
e. Pihak
sekolah seharusnya menyediakan cindera mata untuk diberikan kepada tempat
Prakerin sebagai kenang-kenangan.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan karya ilmiah di
atas, dapat saya simpulkan sebagai berikut :
1.
Melaksanakan prakerin sangat banyak memberikan
pengalaman, pengetahuan dan menambah
pengetahuan kita di bidang industri/usaha.
2.
Melatih bermasyarakat dan bertanggung jawab.
3.
SMK memiliki peranan besar mencetak tenaga kerja
siap pakai dalam dunia usaha.
4.
Sarana dan prasarana sekolah cukup memadai
menyesuaikan dengan dunia usaha.
5.
Banyak mendapatkan pengalaman di bidang TKJ.
Kewajiban
siswa ditempat PRAKERIN adalah :
A.
Melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah
di sepakati.
B.
Mematuhi setiap instruksi di tempat kerja.
C.
Melaksanakan K3 (Kesehatan dan Keselamatan
Kerja).
D.
Menjaga nama baik lembaga pendidikan (almamater),
dunia usaha dan dunia industri.
E.
Melakukan observasi dan penelitian yang
mempunyai tujuan positif.
F.
Bertanya kepada pihak yang berkompeten apabila
kurang paham/ di mengerti.
B. Saran
¨
Internal
-
Pembelajaran di SMKN 1 Bagor sebaiknya
ditingkatkan lagi agar tidak banyak jam yang kosong dan akibatnya siswa yang
akan dirugikan.
-
Seharusnya laboratorium TKJ ditambah lagi supaya
siswa-siswi SMKN1 Bagor keas X, XI, XII bisa belajar secara optomal di dalam
laboratorium tanpa adanya pergantian waktu praktek dari kelas X, XI, XII.
-
Perlengkapan Prakerin di sekoah terutama di
bidang Teknik Komputer Jaringan segera dilengkapi, agar memudahkan siswa daam
Prakerin.
¨
Eksternal
-
Pada waktu pemberangkatan Prakerin seharusnya siswa diantar dan waktu pulang
seharusnya dijemput oleh pihak sekolah untuk dipamitkan.
-
Ketika lulus nanti saya berharap kepada UPTD
SMKN 1 Bagor untuk membantu mencarikan
pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kami agar setelah lulus nanti kita tidak
akan menganggur.
-
Lebih memperhatikan siswa-siswinya saat di
tempat prakerin/di sekolah.
DAFTAR
PUSTAKA
Dikmenjur,
2008. Kurikulum SMK ____________:____________.
Jurnal Program Prakerin,1999: 1 __________:____________.
Dikmendikti,
2003. Undang-Undang Prakerin ___________:____________.
Arista,Dwi
N.2011.Makalah Laporan Prakerin.Nganjuk_______:____________.
Kusuma Dewi, Widya, S.S. 2006. LKS
Bahasa Indonesia. Jawa Tengah: CV. Viva Pakarindo.
Suwarso,
Yanto Drs. Dkk. 2008. Terampil Berbahasa Indonesia. Nganjuk: Sekartaji.
_________________.
2011. Pengertian Hakikat SMK.______ : ___________.
_________________.
2011. Pengertian Prakerin. Batam
____:_________.
_________________.
2011. Pengertian SMK.
____________ : ____________.
________________.
2011. Pengertian TKJ. ______________
: ____________.
_________________.
2010. gwriza.blogspot.com.
_________ : ____________.
_________________.2012.http://kikisenyo.wordpress.com.___: ____________.
_________________.2011.http:/materitekaje.blogspot.com.___:____________.
Kok ya beruntung men mas :D aku adek kelase sampean
BalasHapusplus mantan PSG SIC
tugase podo mbe utusane pk yanto :D 12 tkj 1
Online Casino Site ᐈ Best Casinos in the UK ᐈ Casino
BalasHapusTry Newest Online Casinos with Free Spins & Exclusive Bonuses. Choose from hundreds of different casino sites 카지노사이트luckclub and enjoy a 100% welcome bonus to use.
The Ultimate Guide to Slot Machines - DrmCD
BalasHapusAll the 양주 출장샵 popular 대전광역 출장마사지 casino slot machines in America 김해 출장마사지 are built to function like original Mega 청주 출장안마 Drive consoles. Slot machines are 의정부 출장샵 the most popular and most popular Mar 11, 2019 · Uploaded by Jackpot Party